Beranda   Tentang Kami   Akademik   Jurusan   Fasilitas   Mahasiswa   Kegiatan
Home Anda berada disini: Home Berita Fakultas Prestasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Fakultas Peternakan UNSRAT tahun 2015 (Dibiaya oleh kementerian koperasi dan UKM tahun 2015)
Prestasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Fakultas Peternakan UNSRAT tahun 2015 (Dibiaya oleh kementerian koperasi dan UKM tahun 2015) PDF Cetak Email
Ditulis oleh Benhard Winsy Tampangela   
Senin, 21 Desember 2015 00:50

PENDAHULUAN
Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk dilaksanakan dan dikembangkan oleh perguruan tinggi. Program tersebut dilaksanakan di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan di beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS). PMW bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks kepada para mahasiswa agar dapat mengubah pola pkir (mindset) dari pencatri kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses menghjadapi persaingan global. Dalam rangka keberlanjutan,   program   ini   juga   bertujuan   mendorong   kelembagaan   pada perguruan tinggi yang dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi.

Keberhasilan program ini setidak-tidaknya dilihat dari tiga indikator, yaitu jumlah mahasiswa yang berhasil menjalankan usaha (sebagai wirausaha), terbentuknya model pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi, dan terbentuknya lembaga pengembangan pendidikan kewirausahaan  yang tangguh dan mandiri yang mengkordinasikan berbagai kegiatan terkait kewirausahaan di perguruan tinggi.

Pedoman PMW diperbaiki setiap tahun berdasarkan berbagai masukan dan pertimbangan dari berbagai pihak serta pengalaman pelaksanaan PMW tahun- tahun sebelumnya. Diharapkan pedoman ini dapat membantu perguruan tinggi dalam merencanakan dan mengimplementasikan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) pada tahun 2013 dengan lebih efektif dan efisien dengan capaian optimal, yang sekaligus dapat dijadikan sebagai dasar untuk menentukan alokasi dana berbasis kinerja pada tahun anggaran berikutnya.

Salah satu mahasiswa yang berhasil dan lolos dalam PMW tersebut adalah mahasiswa dari Fakultas Peternakan atas nama Christofel Tulung yang ber-Wirausaha di bidang Peternakan Ayam Buras. Mahasiswa tersebut memperoleh kucuran Dana seebsar Rp. 19.000.000 (Sembilan belas juta rupiah) sebagai perangsang pengembangan wirausaha peternakan ayam buras. Sumber dana diperoleh dari hasil seleksi persaingan mengajukan Proposal Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

Status Usaha
Usaha peternakan ayam bukan ras (Buras) atau sering disebut ayam kampung merupakan usaha milik sendiri yang sudah dan sedang dilaksanakan di Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Kota Tomohon sejak tahun 2010, namun oleh karena usaha masih sifatnya tradisional dengan modal secukupnya, maka untuk pengembangan pada skala lebih besar diperlukan tambahan.

Dasar Gagasan Usaha
Keunggulan daya saing merupakan bagian dari pengembangan agribisnis yang memerlukan gerakan investasi pada sektor-sektor unggulan yang mampu meningkatkan pembangunan perekonomian suatu daerah sehingga akan berdampak pada Multyplier Effect. Pembangunan dan pengembangan peternakan berbasis agribisnis merupakan suatu program yang dapat menopang perkembangan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang peternakan.

        Dalam mengoptimalkan potensi ekonomi suatu daerah, maka salah satu usaha yaitu bidang peternakan bagian dari sektor pertanian dapat dikembangkan sebagai basis dari pertumbuhan pertanian sekaligus juga sebagai penggerak ekonomi kerakyatan dipedesaan.Untuk mewujudkan peternakan rakyat sebagai andalan keluarga, maka perlu dilakukan optimalisasi sumberdaya peternakan melalui program pengembangan peternakan berbasis agribisnis.
Upaya menjadikan usaha petenakan sebagai komoditas unggulan dan pendukung dalam pembangunan ekonomi rakyat, sejalan dengan kebijaksanaan pembangunan peternakan Propinsi Sulawesi Utara yaitu mengembangkan pusat pertumbuhan peternakan dalam bentuk Kawasan Sentra Produksi (KSP) Peternakan.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka wirausaha yang sedang dilaksanakan mahasiswa peternakan dalam hal ini saya dalam kapasitas sebagai mahasiswa peternakan sudah mencoba mandiri dalam usaha ternak ayam bukan ras (Buras) di Kelurahan Pinaras Likungan IV Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon.

Tujuan Usaha
Tujuan usaha peternakan ayam bukan ras (Buras) ialah :

  1. Menerapakan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari perkuliahan di kampus Universitas Sam Ratulangi melalui Fakultas Peternakan
  2. Berkembangnya usaha peternakan ayam bukan ras berbasis agribisnis yang mandiri, kompetitif dengan recovery cost  yang relative singkat.
  3. Terserapnya tenaga kerja serta terbukanya lapangan usaha baru yang dapat dijadikan pilot project sehingga berdampak pada multiplier effect.
  4. Meningkatkan profesionalisme sumberdaya manusia di bidang peternakan.
  5. Meningkatkan profit demi kemandirian dan kemantapan usaha.

Foto Usaha Peternakan Ayam Bukan Ras (Buras) yang sedang Berlangsung:

pres6

pres6

pres6

pres6

pres6

pres6

 

Language Selection

English (United Kingdom)Indonesia (id)

Tautan Terkait

AccessDeniedAccess Denied581D31DD6F2E133A2CCkIwtf35AjOYDvECGiLKUiOBXfNbNfN+PWpUtmfGgdtERpWAK9R/f4quOVPa6X/f1WJO+cq1s=

Aplikasi

AccessDeniedAccess Denied35DB33ACCB8762560RMoyejHhyZmDfqma3jyTfU0hi5eFP4gdOUsoPYNqPQKQedub2i4rssVUNcSx78HDL84YLxE8AY=

Tautan Lain

AccessDeniedAccess Denied3388A90788E5C8D3u9AMrf/f80EUK3uu5p2Wt7/k+jYYqd8EZ0m1286ISbEgoAqAiX9YRs+bjMdTXzHEtOpyL5AyX8A=