header faked

 
Beranda   Tentang Kami   Akademik   Jurusan   Mahasiswa   Fasilitas
Home Anda berada disini: Home Berita Fakultas Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan (ormawa) Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi Tahun 2014
Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan (ormawa) Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi Tahun 2014 PDF Cetak Email
Ditulis oleh Benhard Winsy Tampangela   
Rabu, 03 Agustus 2016 03:09

I.    KEGIATAN PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT MAHASISWA
LATAR BELAKANG
Mahasiswa merupakan salah satu pemangku kepentingan pada Perguruan Tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Untuk itulah, peranan keterlibatan mahasiswa pada proses perguruan tinggi berkinerja merupakan salah satu penentu keberhasilan sehingga beridirilah suatu Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan intra kurikuler bagi mahasiswa dengan tujuan meningkatkan penalaran, minat dan bakat dan kesejahteraan mahasiswa.
Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) tingkat fakultas meliputi Badan Perwakilan Mahsiswa Fakultas (BPM), Senat Mahsiswa Fakultas (SMF)dan dilengkapi dengan Unit Kegiatan Mahsiswa (UKM) Fakultas. Kegiatan PengembanganMinat dan Bakat Mahasiswa merupakan suatu kegiatan yang bertujuan pembentukan karakter mahsiswa sebagai pemimpim masa depan. Sebagaimana amanat pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 3003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Menyadari pentingnya peran serta aktif mahasiswa, maka Ormawa Fakultas Peternakan melalui Senat Mahasiswa mendorong Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas seperti Biro Kerohanian Kristen (BKK), Biro Kerohanian Muslim (Badan Tadzkir-BT) dan Mahasiswa Pencinta Alam Asteroida (MPA-A) melakukan kegiatan-kegiatan Pengembangan Minat dan Bakat Mahasiswa. Pelaksanan kegiatan pengembangan minat dan bakat mahasiswa yang diarahkan untuk menampung dan menyalurkan aspirasi dalam mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam membangun sekap mental mahasiswa yang percaya diri, sadar akan jati dirinya, bermotivasi untuk meraih suatu cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, inovatif, berani mengambil resiko dengan perhitungan, berprilaku pemimpin dan memiliki visi ke depan, tanggap terhadap saran dan kritik, memiliki kemampuan empati dan keterampilan mahasiswa.
Maksud dan Tujuan Kegiatan

  1. Menampung dan Menyalurkan Minat dan Bakat Mahasiswa melalui berbagai unit kegiatan kemahasiswaan yang diakui oleh institusi perguruan tinggi.
  2. Memberikan kemampuan “Soft Skill” sebagai pelengkap kemampuan akademik (Hard Skill) kepada mahasiswa
  3. Membangun sekap mental mahasiswa yang percaya diri, sadar akan jati dirinya, bermotivasi untuk meraih suatu cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, inovatif, berani mengambil resiko dengan perhitungan, berprilaku pemimpin dan memiliki visi ke depan, cakap dan tanggap terhadap saran dan kritik, memiliki kemampuan empati dan keterampilan sosial
  4. Meningkatkan motivasi belajar dan porestasi mahasiswa baik pada bidang akademik maupun di bidang ektra kurikuler
  5. Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam kemasyarakatan dan berbangsa
  6. Menumbuhkembangkan rasa persatuan dan kesatuan antar mahasiswa sehingga tercipta rasa kebeersamaan dalam membangun kebangsaan.


PELAKSANAAN  KEGIATAN
Kegiatan pengembangan minat dan bakan mahasiswa yang diselenggarakan oleh masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Peternakan dilaksanakan oleh :

  1. Biro Kerohanian Kristen (BKK)
  2. Biro Kerohanian Muslim (Badan Tadzkir-BT)
  3. Mahasiswa Pencinta Alam Asteroida (MPA-A)

Pelaksanaan pada masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa berlangsung pada waktu dan tempat yang berbeda. Metode kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah dengan menayangkan materi yang disiapkan oleh nara sumber untuk membantu memahami dan memotivasi mahasiswa serta metode diskusi dan tanya jawab. Selain itu dilakukan praktek pada masing-masing unit kegiatan
WAKTU dan TEMPAT KEGIATAN
Masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa melaksanakan kegiatan Pengembangan Minat dan Bakat pada waktu dan tempat yang berbeda, yaitu :
1.    Bina Kerohanian Mahasiswa Kristen
       Jenis Kegiatan        : BinaRohaniMahasiswa Kristen Angkatan Ke XXIII
       Tanggal        : 5 - 7September 2014
       Tempat        : BPTP Kalasey    
2.    Bina Kerohanian Mahasiswa Muslim (Badan Tadzkir-BT)
      Jenis Kegiatan        : Membentuk Generasi Muslim Beriman, Cerdas, dan   Berakhlak Menuju Restorasi Badan Tadzkir
      Tanggal        : 26 - 28September 2014
      Tempat        : Villa Haji Djafar Tateli     
3.    Bina Mahasiswa Pencinta Alam (MPA) Asteroida
      Jenis Kegiatan        : Pendidikan Dasar MPA-Asteroida ke-XXV
      Tanggal        : 11 - 13  September2014
      Tempat        : Kawasan Koservasi CA. Tangkoko dan Gunung Mahawu